Memahami Perbedaan Genset lovol

Genset yang mempunyai nama lengkap Generator set. mempunyai peran yang sangat penting untuk kehidupan. karena aktifitas kita yang sehari-hari yang tidak pernah lepas dari listrik. Baik untuk kawasan industry, perkebunan, rumah tangga, dan lain-lain. seiring sangat dibutuhkannya listrik yang terkadang pasokan aliran listrik dari PLN nya bisa terhenti disebabkan maintenance, atau gangguan teknis. Disinilah genset sangat berperan untuk memberikan aliran daya listrik cadangan. Bukan hanya menjadi cadangan daya listrik saat terjadinya gangguan yang mengakibatkan aliran listrik padam, genset juga berperan di daerah yang tidak terjangkau listrik, seperti di pegunungan, di tengah laut dan lain-lain. Genset terdiri dari beberapa macam dengan bahan bakar yang berbeda-beda. Beberapa merk Genset yang sudah kita kenal dari dulu antara lain adalah Genset Lovol, Genset perkins, Genset cummins dan lain-lain. Beberapa produsen juga berlomba-lomba memproduksi Genset yang terbaik. Namun balik lagi soal masalah perawatan nya. Jika membeli Genset dengan merk yang terkenal tapi diterlantarkan dan tidak dirawat dengan baik, pastilah genset nya tidak akan awet. Beberapa tips dibawah ini bisa berguna untuk perawatan generator set agar tetap bekerja secara efektif, awet dan tahan lama.

  1. Jaga kebersihan genset

Dengan memperhatikan Kebersihan mengelap dan membersihkan debu-debu, oli atau minyak yang menempel di sekitar genset terutama di bagian radiator nya, selain terlihat bagus dari luar karena keberihannya genset juga bakal lebih tahan lama dan awet. karena selalu kita bersihkan membuat kotoran kotoran seper debu, minyak dan lain-lain tidak mudah masuk kedalam bagian genset apalagi jika ke bagian vital seperti radiator kotoran dari luar bisa masuk lewat ke celah celah body luar genset.

  1. Letakan Genset di tempat kering

Selain rutin membersihkannya, Genset juga harus diletakan di tempat yang sesuai dan tidak sembarangan. Letakan Genset di tempat yang kering. jangan sampai ada genangan air atau basah. Selain bisa membuat genset cepat rusak  hal ini juga berpengaruh terhadap resiko kecelakaan. dikarenakan Listrik bisa mengalir di air dan sangat rawan dengan sengatan.

  1. Sirkulasi udara

Ketika genset dioperasikan pastikan genset berada di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang bagus. hali ini juga untuk membuang gas buang atau udara kotor yang terdapat dari knalpot saat genset beroperasi. Agar genset tidak mudah panas. hal ini juga untuk resiko kesehatan jika kamu mengoperasikan genst di tempat kurang sirkulasi kamu bakalan mencium asap nya yang mengandung racun.

  1. Operasikan Genset sesuai SOP (standart operasional)

Baik genset baru ataupun genset bekas. maka pastikan kamu tahu standart operasional nya, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dan kerusakan genset. Lebih baik baca dulu manual book nya atau bisa konsultasi ke penjual genset.

  1. Segera matikan jika terjadi hal yang tidak biasa

Ketika Genset sudah beroperasi dan terjadi sesuatu yang tidak biasa. seperti suara yang aneh dan tidak wajar, atau getaran yang mendadak kuat. ada baiknya segera matikan genset yang sedang beroperasi. Segera cek ulang semua spare part, Bahan bakar, kabel instrument, cooling, dan oli mesin pada genset.

Semua tips Perawatan Genset diatas adalah standar untuk semua produk genset, untuk ukuran genset yang kecil maupun besar. untuk merek Genset cummins, Genset lovol, Genset perkins dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>