Apa Yang Perlu Diketahui Dengan Penyakit Flu Singapura

Cara Mengobati Flu Singapura yang Ampuh

Penyakit flu singapura atau hand, foot and mputh disease adalah penyakit hasil dari infeksi virus. Flu singapura biasanya di alami oleh anak-anak tetapi juga bisa menginfeksi orang dewasa. Gejala-gejalanya bisa berupa ruam pada kaki dan tangan dan seperti luka lepuh yang menyakitkan di sekitar hidung dan mulut. Kasus hand, foot and mouth disease (HFMD) atau flu singapura yang parah mungkin memerlukan perhatian medis, tetapi kondisinya biasanya sembuh tanpa intervensi. Penyakit flu singapura paling umum terjadi pada anak di bawah 10 tahun, tetapi juga dapat menyerang anak yang lebih tua dan orang dewasa. Wabah ini memang sering terjadi di Asia termasuk di Indonesia.

Fakta mengenai flu singapura:

  1. Penyakit flu singapura adalah infeksi virus yang disebabkan oleh enterovirus.
  2. Gejala-gejalanya termasuk ruam yang menyakitkan di kaki dan tangan, serta bisul di mulut.
  3. Tidak ada cara untuk mengobati atau mencegah flu singapura, tetapi biasanya sembuh tanpa pengobatan dalam 7 sampai 14 hari.
  4. Penyakit ini lebih umum di negara-negara Pasifik Barat, seperti Jepang dan Singapura.

Gejala

Gejala flu singapura biasanya terjadi sekitar 3 hingga 7 hari setelah kontak pertama dengan virus. Gejala pertama yang terlihat adalah demam 24 jam hingga 48 jam dari 100 hingga 102 derajat Fahrenheit, atau 38 hingga 39 derajat Celcius, dan timbulnya gejala berupa sakit tenggorokan.

  1. Ini diikuti oleh serangkaian gejala, termasuk:
  2. ruam pada tangan dan telapak kaki, dengan lepuhan merah yang rata, dan menimbulkan rasa yang menyakitkan, terjadi 1 sampai 2 hari setelah demam
  3. kehilangan selera makan
  4. sakit kepala
  5. radang tenggorokan, mulut, dan lidah

Beberapa orang tidak memiliki gejala, tetapi mereka dapat menularkan virus kepada orang lain. dan ornag yang terinfeksi flu singapura paling menular selama 7 hari pertama sakit.

Virus dalam kategori enterovirus biasanya menyebabkan flu singapura. Coxsackievirus adalah jenis enterovirus yang paling umum dikaitkan dengan flu singapura, terutama coxsackievirus A16. Enterovirus 71 juga merupakan penyebab umum terjadinya flu singapura. Virus-virus ini biasanya menyebar melalui mulut dan anus dan biasanya ditemukan dalam air liur, lendir, tinja, dan cairan dari luka kulit yang melepuh dari seseorang yang terinfeksi flu singapura.

  1. Metode umum penularan virus meliputi:
  2. dekat, kontak pribadi dengan orang yang terinfeksi
  3. batuk dan bersin
  4. menyentuh benda yang terkontaminasi
  5. kontak langsung atau tidak langsung dengan kotoran yang terinfeksi

Anak-anak di bawah 10 tahun paling berisiko terkena flu singapura, terutama mereka yang di bawah 5 tahun. Sistem kekebalan belum mengembangkan antibodi untuk melawan penyakit pada banyak anak kecil. Anak-anak yang secara teratur menghabiskan waktu di sekitar anak-anak lain memiliki peningkatan risiko terinfeksi, seperti mereka yang menghadiri pusat penitipan anak atau sekolah.

Tidak ada vaksin untuk mencegah flu singapura, penyakit iniĀ  menyebar melalui kontak orang-ke-orang, dan kebersihan yang baik dapat menurunkan peluang untuk terinfeksi flu singapura. Tips untuk mengurangi risiko infeksi meliputi:

  1. permukaan disinfektan
  2. sering mencuci tangan dengan sabun dan air panas
  3. tidak berbagi peralatan dan gelas minum

namun yang paing penting yaitu menghindari kontak secara langsung dengan orang yang terinfeksi flu singapura, itulah yang perlu kalian ketahui tentang flu singapura. Semoga dengan adanya artikel ini bisa sangat bermanfaat untuk kalian!