10 Tips Belanja Hemat Selama Ramadhan

Ramadhan merupakan bulan suci yang paling dinanti umat muslim di dunia, di bulan yang penuh berkah tersebut tentunya banyak sekali harapan-harapan yang kita inginkan untuk diijabah. Apalagi untuk orang- orang berpuasa dan selalu menjalani segala perintah allah semua doa yang diinginkannya akan langsung diijabah oleh sang pemilik tata surya ini. Selama bulan ramadhan tentunya kita berpuasa selama satu bulan penuh, sehingga memang terlihat akan jauh lebih mudah untuk lebih menghemat pengeluaran. Namun nyatanya banyak juga orang- orang yang kalap dan juga boros selama bulan ramadhan, bahkan pengeluarannya melebihi bulan- bulan biasanya. Nah, untuk itu bersama illote.com kami akan memberikan tips belanja hemat selama ramadhan. Selamat membaca.

Kurangi berbuka puasa diluar

Seperti kita ketahui, beberapa hal yang membuat pengeluaran kita menjadi jauh lebih boros biasanya karena cukup banyak rencana atau acara berbuka bersama di luar. Bahkan biasanya pada bulan- bulan biasa kita makan di luar hanya beberapa kali, selama di bulan ramadhan bisa mencapai 3 sampai dengan 4 kali selama seminggu. Bayangkan berapa pengeluaran anda setiap kali makan di luar. Hal ini lah yang membuat pengeluaran malah semakin membengkak. Untuk itu sebaiknya kurangi buka bersama di luar, akan jauh lebih baik buka bersama dilakukan di rumah dimana biaya yang akan anda keluarkan pun nantinya akan jauh lebih hemat.

Jangan terlalu banyak menu saat berbuka

Bulan ramadhan merupakan bulan dimana kita menahan hawa nafsu yang berlebihan. Termasuk ketika dalam hal makan sekalipun. Sayangnya dalam hal ini cukup banyak juga orang yang kalap dan memasak cukup banyak menu untuk melampiaskan nafsunya ketika berbuka nanti. Padahal saat berbuka puasa pun belum tentu semua makan tersebut bisa habis dimakannya. Untuk itu sebaiknya makan dengan cukup seperti biasa, jangan terlalu berlebihan untuk menu makanan yang akan anda makan, sehingga nantinya pengeluaran pun tidak akan menjadi membengkak hanya demi memuaskan nafsu makan anda ketika berbuka puasa

Belanja saja seperlunya.


Saat bulan ramadhan tentunya banyak supermarket yang memberikan diskon besar- besaran padahal itu hanya strategi marketing yang dilakukannya hanya untuk mendapatkan banyak pengunjung. Bahkan tidak jarang diskon yang diberikan ditambah lagi dengan hadiah gratis jika anda membeli produk lebih dari dua. Padahal hal itu hanyalah strategi marketingnya saja. Dan belum tentu juga anda benar- benar membutuhkan produk yang akan beli tersebut. Untuk itu sebaiknya jangan terlalu kalap untuk menanggapi berbagai diskon yang diberikan. Sebaiknya belanjalah seperlunya dan jangan belanja produk yang memang tidak begitu anda butuhkan.

Pilihan belanja online tentunya bisa menjadi pilihan yang terbaik. selain anda tidak perlu susah payah keluar rumah, harga yang ditawarkan biasanya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan produk yang ada di supermarket. Salah satunya di www.ilotte.com yang selalu memberikan penawaran terbaik dan juga diskon besar- besaran untuk menyambut ramadhan dan juga lebaran. Anda juga bisa membandingkan produk yang di jual di situs ilotte dan supermarket, tentunya akan jauh lebih menghemat pengeluaran anda.

Perbanyak ibadah

Bulan ramadhan bukanlah bulan dimana kita hanya memikirkan pakaian baru dan makanan apa yang akan kita makan ketika berbuka. Namun ramadhan adalah dimana pada bulan tersebut kita mencari banyak ridho allah dan beribadah sebanyak- banyaknya. Untuk itu daripada kita melakukan hal- hal yang memang tidak begitu penting dan tidak bermanfaat, sebaiknya perbanyaklah beribadah pada bulan tersebut. sehingga selain bisa mendapatkan pahala yang banyak, anda juga bisa lebih menghemat dan menahan hawa nafsu belanja anda saat bulan ramadhan nanti.

Buat target perencanaan keuangan selama ramadhan

Hal yang satu ini tentunya akan sangat penting anda lakukan, dimana ketika memasuki bulan ramadhan sebaiknya anda buat sebuah perencanaan keuangan yang terstruktur dan juga jelas. Karena biasanya ketika ramadhan memang anda akan jauh lebih sulit untuk mengatur keuangan, apalagi banyak kegiatan yang tidak penting dan hanya menghambur- hamburkan uang saja yang biasanya dilakukan. Anda juga perlu memisahkan mana dana yang akan digunakan selama ramadhan dan mana dana yang akan digunakan untuk lebaran. Sehingga segala keuangan akan lebih mudah diatur dan juga tidak membuat pengeluaran anda menjadi berlebihan.

Jangan belanja kue terlalu banyak

Biasanya ketika ramadhan cukup banyak persiapan yang dilakukan untuk lebaran, bahkan tidak jarang meskipun lebaran masih cukup jauh banyak juga yang sudah mempersiapkan dengan membeli cukup banyak kue dna belanja kebutuhan lainnya. untuk itu sebaiknya tahan dulu nafsu belanja anda. perlu anda ketahui juga ketika lebaran kita akan jauh lebih fokus melakukan silahturahmi sehingga akan jauh lebih jarang ada di rumah, untuk itu beli saja kue secukupnya untuk lebaran nanti daripada nantinya malah menjadi mubazir dan tidak termakan. Apalagi untuk anda yang memilih lebaran di kampung halaman, tentunya membeli kue- kue rasanya tidak begitu penting, karena anda akan jarang ada di rumah ketika lebaran nanti. Untuk itu belanja kue secukupnya saja dan jangan terlalu berlebihan.

Jangan terlalu sering pergi ke mall

Nah, salah satu hal yang biasanya membuat pengeluaran anda menjadi membengkak adalah karena ketika ramadhan anda terlalu sering jalan- jalan ke mall, hal ini tentu akan membuat mata anda tergoda dengan berbagai diskon yang ditawarkan. Apalagi menjelang akhir ramadhan biasanya akan ada banyak diskon yang ditawarkan sejumlah mall, dan ditambah lagi malam night sale yang akan membuat mata anda kalap untuk belanja juga tentunya. untuk itu sebaiknya kurangi pergi atau jalan- jalan ke mall agar anda tidak membeli kebutuhan yang memang rasanya tidak begitu anda butuhkan.

Lebih sering masak di rumah

Memasak sendiri di rumah ternyata bisa membuat pengeluaran anda jauh lebih hemat lho. Kenapa tidak anda lakukan hal ini saja saat ramadhan nanti. Dengan memasak sendiri di rumah nantinya pengeluaran yang anda keluarkan akan jauh lebih hemat, selain itu makanan yang anda masak lebih terjamin kebersihannya. Karena dengan terlalu banyak jajan di luar selain bisa membuat pengeluaran jauh lebih boros, anda pun akan sulit mengatur keuangan anda nantinya.

Nah, berikut ulasan mengenai tips hemat selama ramadhan nanti. Untuk itu memang sebaiknya ketika ramadhan nanti kita menghabiskan waktu kita untuk sesuatu yang jauh lebih berhemat, misalnya dengan belanja kebutuhan rumah di berbagai situs online yang selalu memberikan dison terbaik seperti www.ilotte.com selain anda bisa mendapatkan banyak diskon, sistem pembayaran yang digunakan pun cukup bervariasi, sehingga akan jauh lebih memudahkan anda. produk yang dijual pun sangat lengkap, selain bisa beri kebutuhan rumah, anda juga bisa belanja kebutuhan fashion lebaran dengan harga yang jauh lebih hemat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>